Proses Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Yang Telah Remaja

Perkembangan seorang anak pasti akan terasa sangat cepat bagi orang tuanya sehingga ada banyak hal yang dirasa kurang dalam didikan yang telah diberikan sejak kecil, namun hal ini tidak boleh menjadi alasan berhenti dalam mendidik anak. Karena walaupun sudah remaja sekalipun anak perlu dibimbing sehingga anak dapat berkembang lebih cerdas dan lebih baik lagi dalam kepribadiannya. Oleh sebab itu pendidikan kecerdasan emosional anak harus tetap diberikan dan selalu ditambahkan agar bisa menjadi kebiasaan penting bagi anak karena memang bisa membantu anak mengatasi masalahnya.

Proses Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Yang Telah Remaja

Dengan semakin paham mengenai kecerdasan yang satu ini, anak akan secara naluri belajar mengatasi masalahnya sendiri seperti masalah emosi yang mungkin muncul sehingga tidak ada masalah lagi yang dapat mengganggu kehidupannya. Karena itu sebisa mungkin untuk mendidik kecerdasan emosional anak dengan benar dan juga rutin walaupun sudah memasuki usia remaja agar anak lebih memiliki modal untuk menghadapi segala masalah yang pastinya hadir ketika menjalani kehidupan apalagi disaat dewasa nantinya. Dan berikut ini Wyeth Parenting sudah menyiapkan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan dari anak walaupun sudah memasuki usia remaja sehingga kepribadiannya semakin terbentuk tanpa adanya masalah.

 

  • Mengajarkan berempati tinggi

Memiliki empati tinggi sangat penting bagi seorang manusia yang selalu melakukan hubungan sosial, dan hal ini harus diajarkan dengan baik oleh orang tuanya agar anak selalu mampu bersosialisasi dengan baik. Dengan memiliki empati, anak lebih memahami bagaimana perasaan dan emosi orang lain sehingga dirinya sendiri bisa belajar untuk mengontrol emosi jika terjadi hal yang sama. Yang terpenting adalah orang tua harus selalu mengarahkan anak untuk berbuat baik kepada siapapun dan menolong orang yang tengah membutuhkan bantuan untuk menumbuhkan empati ini.

  • Mengajarkan hubungan sosial yang penting

Selalu memotivasi anak untuk menjadi pribadi yang baik dan bisa sukses adalah hal yang penting untuk dilakukan agar menunjukkan bahwa orang tua selalu mendukung kegiatan anak. Berikan pujian kepada anak ketika melakukan hal baik dan patut dibanggakan dan jangan mudah menyalahkan anak dalam sebuah kesalahan sehingga emosinya tidak menjadi negatif karena merasa terus disalahkan.

  • Selalu motivasi setiap kegiatan anak

Masih sangat berhubungan dengan hal diatas dimana orang tua harus membuat anak belajar untuk membangun hubungan sosial dengan orang lain agar bisa mengembangkan emosinya sendiri. Karena pastinya anak akan mengenal orang baru dalam hidupnya dan semakin belajar bagaimana mengatur emosinya agar bisa menjalin hubungan baik dengan orang tersebut.

Demikian beberapa proses tepat untuk bisa membangun dan mengembangkan kecerdasan emosional anak yang sudah memasuki usia remaja agar bisa semakin terbangun dan menjadi sosok yang sangat berguna dan cerdas bagi masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s