Memahami Perkembangan emosi Anak untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosi Mereka

Perkembangan emosi anak merupakan hal yang harus dipahami orang tua. Pada masa perkembangan ini anak ada pada tahapan dimana anak mencari identitas dan ptensi pada dirinya untuk mencapai kematangan emosi saat dewasa nanti. Sama halnya dengan perkembangan intelektual, perkembangan emosi pada anak juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kultural dan sosio.

Dalam tahapan ini, peran orang tua sangat penting untuk membantu anak menemukan identitas dan potensi dalam dirinya. Peran orang tua juga penting untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lalu apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu memahami dan mengembangkan kecerdasan emosional anak? Berikut beberapa tahapan yang bisa dilakukan orang tua sebagaimana dirangkung oleh Wyeth Nutrition.

Memahami Perkembangan emosi Anak untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosi Mereka

Mengenali emosi anak – tahapan awal untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak adalah dengan mengenali emosi anak tersebut. Disini orang tua harus tahu perasaan anak saat emosi tersebut datang. Dengan mengenali emosi dan perasaan anak, orang tua akan mampu memantau perasaan anak. Selain itu, dengan mengenali emosi anak, orang tua akan lebih mudah memberi pemahaman tentang pengelolaan emosi anak.

Mengelola emosi anak – setelah mengenali emosi anak, orang tua juha harus bisa mengelola anak. Maksudnya, orang tua harus bisa menangani emosi anak agar mereka bisa mengungkapkannya dengan cara yang tepat. Selain itu, orang tua juga harus bisa menghibur anak serta membantu melepas kecemasan, ketersinggungan, kegalauan yang bisa muncul dari banyak faktor.

Berikan motivasi – memberikan motivasi adalah salah satu cara untuk membantu menata perasaan anak. Motivasi juga menjadi alat pemberian kasih sayang dan perhatian untuk mengembangkan dan mengelola kreativitas anak.

Pahami emosi anak – pemahaman emosi anak adalah bagaimana cara orang tua berempati untuk merasakan perasaan anak. Dengan memahami emosi anak, orang tua bisa menggunakan cara yang tepat untuk menyikapi emosi tersebut.

Bangun hubungan baik dengan anak – setelah orang tua mampu mengenali, mengelola, dan memahami emosi anak, tahap selanjutnya yang dibutuhkan untuk perkembangan emosi anak adalah hubungan yang baik antara orang tua dan anak.

Orang tua harus bisa menjadi panutan untuk anak dalam hal mengekspresikan emosi pada orang lain. Selain itu, orang tua juga harus lebih bisa mendengarkan perasaan anak dan tidak sekedar memaksakan kehendak pada anak. Bisa jadi anak mempunyai keinginan tersendiri yang berbeda dengan keinginan orang tua.

Komunikasi dengan anak – komunikasi adalah kunci kesuksesan perkembangan kecerdasan emosional anak. Berikan waktu khusus untuk anak mencurahkan perasaan mereka dan apa yang mereka inginkan. Komunikasi dari hati ke hati bisa memberikan perasaan bahwa anak diakui dan merasa aman. Sehingga mereka akan lebih bisa mengembangkan emosi mereka ke arah positif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s